Pasukan Elit Indonesia Paling Berpengaruh

1. KOPASSUS (KOMANDO PASUKAN KHUSUS) TNI-AD

KOPASSUS merupakan satuan elite paling berpengaruh di bidang hankam Indonesia. Pasukan khusus yang berada dibawah TNI-AD ini telah banyak menjalankan misi militer, non militer, infiltrasi dan anti teroris. Kasus paling besar adalah pembebasan pesawat Garuda di Thailand. Kemampuan satu personil kopassus sama dengan 10 personil biasa.

2. DENSUS 88 (DETASEMEN KHUSUS) POLRI

DENSUS 88 adalah pasukan anti teroris yang berada dibawah kewenangan POLRI. Pasukan ini terbilang muda kelahirannya dibandingkan pasukan elite yang lain, dan tugasnya adalah anti teroris yang marak di Indonesia saat ini. Pasukan ini telah banyak berhasil memburu dan menangkap teroris yang banyak meresahkan masyarakat Indonesia. Pendanaan pasukan ini berasal dari luar negeri, yaitu dari Australia dan gaya dari pertempurannya mengadopsi gaya dari SWAT Amerika Serikat.

3. MARINIR TNI-AL

MARINIR dalam segi kuantitas memang kurang memadai tapi dalam segi kualitas tidak ada corps marinir di Asia Tenggara yang mampu menandingi marinir Indonesia. Pasukan ini sering manjadi olok-olokan karena jumlah pasukannya yang sama dengan jumlah pulau di Indonesia 17.000 Personil. Tapi pengorbanan dan pengaruhnya tidak bisa dipungkiri lagi dalam sejarah Indonesia. Bagaimana kesetiaan marinir yang melaksanakan operasi TRIKORA dengan gagah berani. dan kehebatan marinir dalam melakukan pendaratan pada operasi seroja di Timor Timur.

4. RAIDER TNI-AD

RAIDER dibentuk ulang dan di upgrade oleh Jendral Ryamizad yang waktu itu menjabat KSAD 2002. Pasukan ini berjumlah 10 batalyon, 8 batalyon ada dibawah KODAM dan 2 batalyon dibawah KOSTRAD sebagai komando cadangan. Beberapa sumber bilang raider dinobatkan sebagai pasukan elite terbesar didunia yang berjumlah 12.000 personil. Setiap personil reider berkemampuan sama dengan 3 personil infanteri biasa.

5. KOPASKA TNI-AL

KOPASKA dijadikan contoh sebagai pasukan elite dibawah Angkatan Laut oleh beberapa negara ASEAN. Pasukan ini memiliki kesaktian yang tidak dimiliki oleh pasukan lainnya, yaitu infiltrasi dan sabotase bawah laut. Sebagai pasukan katak, kehandalannya adalah pertempuran dibawah laut. Pengabdiannya kepada Indonesia tidak bisa diragukan lagi, semenjak jaman kemerdekaan sampai jaman penumpasan GAM, kopaska banyak berperan aktif.

6. BRIMOB POLRI

BRIMOB pasukan reaksi cepat milik POLRI telah berjasa dijaman kemerdekaan sampai sekarang. Pergerakan pasukan ini cepat dan bertujuan menumpas setiap anarkisme yang melanda sebuah daerah di Indonesia. Brimob juga dilengkapi keahlian perang kota dengan persenjataan yang memadai dibanding kekuatan POLRI yang lain.

7. PASKHAS TNI-AU

PASKHAS digunakan untuk menjaga daerah-daerah vital angkatan udara. Pasukan ini juga digunakan untuk menyerang dan melakukan sabotase kedaerah lapangan udara lawan.


About these ads

Tentang museumindo

Menyediakan informasi seputar sejarah diindonesia dengan anekdot langsung dari penulis yang memperlihatkan keindonesiaan indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di Militer. Tandai permalink.

5 Balasan ke Pasukan Elit Indonesia Paling Berpengaruh

  1. agus ilman berkata:

    Bravo Marinir ……..walau dibilang pasukan diolok2 tugas yang diemban dipundaknya mulai dari zaman penjajahan sampai sekarang kehadirannya selalu membuat spektakuler, tampa marinir dunia tak akan aman termasuk diindonesia,marinir indonesia menoreh tinta emas mulai kerusuhan tahun 1970 peristiwa malari , tahun 1982 peristiwa pemilu sampai tahun 1998 peristiwa mei klo tidak ada marinir indonesia akan kacau

  2. faiz berkata:

    komando!

  3. ary berkata:

    Semua pasukan tetap bersatupadu jadikan perbedaan sebagai amanah dan tetap satu dalam perbedaan jadikan indonesia tetap merdeka…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s